Sunday, August 10, 2008

888 apa istimewanya?


Triple 8 katanya lebih baik dari lucky 7 bulan kemarin. Ah mitos bin takhayul. Saking percaya pada mitos, olimpiade Beijing dibuka tgl 8/8/08 jam 08:08:08. Busseeett.


Tapi ternyata mitos ini bukan cuma pada orang china dan turunanya, istri saya yang asli pribumi pun percaya tidak percaya keberuntungan triple 8 ini, bahkan untuk hal bayar utang. "Hari baik untuk bayar utang," katanya. Ada-ada aja. hehehe.


Yang jelas pada hari itu, saya dikejutkan oleh sistem kanalisasi jalan Sudirman yg diujicobakan. Maksudnya jalan protokol tersebut dibagi dua dan dibatasi dengan safety cone, lajur kiri untuk roda dua dan lajur kanan untuk roda empat. Entah karena masih bingung, kurangnya sosialisasi ditambah lebar jalan yang tidak bertambah dan malah menyempit, maka yang terjadi justru arus lamban dan macet. Namanya juga uji coba, kedepannya entahlah.


Kembali ke Olimpiade Beijing, yang menarik, ternyata untuk setiap emas yang diperoleh atlet China, akan dibangun sebuah SD oleh perusahaan Haier. Luar biasa bukan.

Menarik lagi, saat browsing gambar saya menemukan karikatur ironis karya Matteo Bartelli. Pesannya: Stop Kekerasan di Tibet. Panjangnya mungkin; dalam kemeriahan olimpiade, jangan melupakan brutalnya tentara China dalam menghadapi demonstran tibet.

No comments: