Monday, October 29, 2007

DARI PENAJAM KE INDONESIA SEHAT

Semingguan kemarin mesti ke penajam nyelesein tugas CHCP (Community Health Care Program) tahap akhir. CHCP ini merupakan salah satu program kepedulian Chevron Indonesia pada pemberdayaan masyarakat atau comdev (community development) di wilayah sekitar Chevron beroperasi, istilah kerennya wilayah Ring 1. Oya Chevron ini merupakan salah satu perusahaan migas dari Amerika yang berbasis di Balikpapan dan mengexplorasi sumur minyak di banyak blok di Indonesia, termasuk di Kalimantan.

Nah, program comdev ini sebenarnya menyeluruh dari pendidikan, lingkungan, ekonomi dan kesehatan. Masing2 program di mitra kan pengelolaannya pada pihak yang dianggap mampu dan ahli, dan yang dianggap representative menangani program kesehatannya itu adalah RS. Pertamina Balikpapan, tempat kerjaku sehari-hari.

2 wilayah ring 1 Chevron yang dikelola adalah wilayah Kec Penajam di Kab. Penajam Paser Utara dan wilayah Kec. Marangkayu di Kab. Kutai Kartanegara. Program tahun ini sebenarnya sudah jalan sejak bulan agustus dan minggu kemarin merupakan minggu terakhir kegiatan di Penajam.

Wilayah Penajam dan Balikpapan dipisahkan oleh teluk Balikpapan. Dapat dicapai dengan 1 jam naik ferry yang bertolak dari pelabuhan Kariangau atau 15 menitan naik speedboat dari pelabuhan Kampung Baru atau pilot jetty Chevron di Semayang. Tarif ferry untuk penumpang tanpa kendaraan cukup murah, hanya sekitar 3000 rupiah. Sedang tarif speedboat itu bisa nego dan tergantung jumlah penumpang. Biasanya antara 10 – 30 ribu.

Di Penajam ini tim RSPB mengadakan pembinaan gizi, tanaman obat untuk menunjang desa siaga dan pelatihan P3K buat murid SD dan guru pembina UKSnya serta kader2 posyandu. Sebelumnya sudah diadakan skrining data kesehatan dan penyakit yang umum diderita masyarakat. Tujuan idealnya sih, ditahun 2010 cita2 Indonesia Sehat itu bisa terwujud dan bukan hanya sekadar angan-angan. Nah dasarnya disini, tahun 2008 cikal bakal desa sehat mulai terbina. Desa dengan masyarakat dan kader intinya sadar sehat dan peduli dengan kesehatannya, angka kematian ibu dan bayi yang menurun, penyakit akibat pola hidup salah juga menurun, dan keluarga sadar gizi. Semoga.

No comments: