Tuesday, October 16, 2007

Perkenalkan.... BALIKPAPAN

Tau kota Balikpapan?, dimana coba??
Yoi, Balikpapan adalah salah satu kota di Kalimantan Timur, bukan ibukotanya sih tapi salah satu kota paling potensial untuk jadi kota metropolitan. Berbatasan dengan wilayah Kutai Kartanegara (ini daerah teritorinya Syaukani HR) dan Samarinda, yang merupakan ibukota propinsi Kalimantan Timur. Di arah barat, dipisahkan oleh teluk balikpapan ada Penajam Paser Utara, yang sebelum menjadi kabupaten tersendiri menjadi bagian dari kota Balikpapan yang disebut Balikpapan Seberang.

Banyak orang bilang, idealnya Balikpapan yang menjadi ibukota Kaltim bukan Samarinda. Kenapa? Karena di Balikpapan ada bandara internasional (Sepinggan), pelabuhan laut nasional (Semayang), kantor Kapolda Kaltim, Kodam VI Tanjung Pura, dan bentar lagi terwujud pelabuhan peti kemas internasional dan pelabuhan akhir batubara (Kariangau). Dua koran terbesar di Kaltim pun (Kaltim Post milik grup JPNN-Jawa Pos dan Tribun Kaltim milik grup Kompas) berkantor besar di Balikpapan. Dan sayangnya, Samarinda tidak memiliki semua itu kecuali gedung Lamin Etam sebagai kantor gubernur dan gedung DPRD kaltim sebagai penanda ibukota kaltim masih Samarinda. Ironis kan, atau deskripsinya terlalu sinis. Hehehe, tapi itulah realita.

Jika hutan beton, mall jadi ukuran, Balikpapan pun masih unggul. Ada mall lokal seperti Plasa Balikpapan, Mall Fantasi, Plasa Rapak, Plasa Pasar Baru, Shopping Center, dan Balikpapan Superblok. Dan pemain baru yang berancang2 masuk pun kelas kakap (atau hiu) seperti Giant, Hypermarket dan Carrefour mendampingi Hero, Matahari, Ramayana dan Makro yang sudah duluan berbagi wilayah. Untungnya macet belum jadi masalah kronis di sini. Yaa.. mudah2an gak lah. Saat seperti ini sudah nyaman kok..

Soal lokasi wisata, Balikpapan punya pasar seni Kebun Sayur (beda2 tipis lah sama pasar seni Sukawati di Bali), pantai indah Lamaru dan Manggar, penangkaran buaya Teritip, wanawisata bukit Bangkirai yang eksotik, waterpark Caribbean Island di Balikpapan Regensi dan main jet ski di pantai Mapolda.

Mau wisata kuliner, boleh. Balikpapan adalah kota heterogen dengan multi etnis. Bugis Makassar, Dayak, Kutai, Jawa, Madura, Banjar, Sunda, Batak, Padang, Toraja, dan Buton hanyalah sebagian dari komposisi masyarakat. Bayangkan saja walikotanya orang Kutai, wawalinya orang Banjar, ketua DPRDnya orang Bugis, dan Kapolres orang Jawa. Makanan pun tersedia dari semua etnis. Bahkan resto cafe dengan menu eropa pun cukup banyak. Mungkin lantaran banyaknya ekspaktriat yang memang berlalu lalang, berdomisili dan bekerja di Balikpapan. Kebanyakan ekspatriat bekerja di 2 perusahan migas besar yang berkantor di Balikapapan (Total Indonesie dan Chevron Indonesia), selain yang bekerja di perusahaan kontraktor yang bekerja sama dengan 2 perusahaan tersebut.

Bagi yang suka steak, boleh nyoba di D’grill, Dapeen, Steak Pak Slamet atau Open House. Yang suka masakan makassar boleh ke deretan warung coto makassar Klandasan, coto dan konro Bunga Padi Ring Road, Coto Balikpapan Baru, ataupun coto pelabuhan Ferry Kampung Baru. Yang merindukan Mie Titi, boleh singgah di warung mie titie Antasari. Yang ingin ikan bakar, ikan bakar Ilham Kampung Baru dan ikan Bakar pasar Klandasan bisa jadi pilihan yang murah dan enak. Kalau yang pengen banyak pilihan, silakan ke belakang kantor pos, tempat ini rencananya jadi salah satu tempat wisata kuliner Balikpapan. Di sepanjang jalan aneka warung dengan aneka menu ada disana. Harganya tidak akan menguras dompet. Dijamin.Ada juga Pasifica di Plasa Balikpapan atau BC. Kalo malam hari, ada sentrum cafe di pantai Melawai , taman Bekapai, Pantai Mapolda dan Bandar Balikpapan.

Jadi, ayo ke Balikpapan. Sekali kesana kenangannya tak akan terlupa. Di jamin.

2 comments:

Anonymous said...

balikpapan.... saya bangga jd anak balikpapan.
klu dulu org bs berbangga dgn menyebut anak jkt ato gw anak jkt, tp skrg jauhhhhhhh.... yg ada skrg saya bangga jd anak balikpapan. org pintar ato berduit jkt aja skrg larinya mlh ke balikpapan. so bisa liat donk klu balikpapan bgmna...
balikpapan maju pesat, banyk plasa dan mall bertaburan. hotel2 internasional bintang 5 beredar.. apartment serta cafe2 berkelas.
ngapaen jauh2 keluar kota ato keluar pulau, dibalikpapan aja sdh cukup kok.

Anonymous said...

Warung mie titi antasari dimana ya?