Wednesday, June 18, 2008

BERSIAP MENUJU DESA (LAGI)


Ini tahun ketiga, Chevron di Balikpapan mempercayakan RSPB sebagai mitra pelaksana program CSRnya dibidang kesehatan, sejak dimulakannya di tahun 2006.

Sebenarnya ada 4 pilar yang dibidik dalam program CSR Chevron; ekonomi mikro, pendidikan, lingkungan dan kesehatan. Ekonomi mikro diarahkan oleh PNM (Permodalan Nasional Madani), Pendidikan oleh lembaga Pro-Visi, Lingkungan oleh Yayasan Peduli, dan Kesehatan oleh RS. Pertamina Balikpapan, tempat saya bekerja.

4 pilar ini kerja sinergis untuk mewujudkan cita-cita besar Indonesia Sehat 2010, yang terkhusus direpresentasikan oleh desa sehat di wilayah ring satu, wilayah paling rapat dengan wilayah operasional Chevron.

Tugas ini memang berat dan tidak bisa tercipta instan. Tapi esensinya yang terpenting adalah proses yang dinamis, yang tumbuh dari kesadaran masyarakat untuk memberdayakan dirinya. Bukan semata menunggu suapan dari perusahaan semacam Chevron.

Chevron, RSPB dan lembaga lain hanyalah 'provokator', pemicu dan pendukung proses. Kuncinya tetap terletak di masyarakat dan pemerintah lokal.

Indonesia Sehat 2010, desa sehat 2010 apakah akan tercapai??

Ya, bisa saja. Optimisme itu perlu biar hidup tetap bergairah.


No comments: