Monday, December 30, 2013

SOEKARNO DAN INDONESIA RAYA

menjelang akhir tahun, nonton film SOEKARNO bersama keluarga kecil kami. saya, istri dan 2 bocah lakilaki kami. saya tidak peduli dengan demo anti film ini, sy percaya dengan kapasitas Hanung Bramantyo sebagai sutradara dan penulis naskah yg pasti tidak main-main mewujudkan kisah sejarah bapak proklamator, bapak bangsa, presiden pertama, dan detik sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia.
Dan menit pertama film dimulai adalah hal yang tidak biasa dan menurut saya hal yang luar biasa. Muncul tulisan yang menghimbau seluruh penonton untuk berdiri sejenak,lho.. buat apa? sudah enak duduk, gedung sudah gelap kok malah diminta berdiri. ternyata film dibuka dengan lagu Indonesia Raya dan penonton dihimbau untuk berdiri menghargai lagu kebangsaan ini. bagaimana reaksi penonton?
Dari 7 baris penonton, hanya 2 baris yang berdiri termasuk saya, istri dan 2 bocah kami. Berdiri dan ikut menyanyi terharu sekaligus sedih. Kenapa sebagian dari kita merasa malu, tidak penting, lebay untuk berdiri sejenak (yang tidak sampai 5 menit) menghormati dan merasa bangga dengan lagu kebangsaan sendiri?
Tolong bantu saya menjawabnya.... karena sy kehabisan kata-kata melihat hal yang tidak masuk akal saya.

No comments: