Monday, July 07, 2008

PON XVII KALTIM; Kita Semua Satu!

PONnya sendiri 'cuman' setengah bulan. Sibuk-sibuknya bisa 2 bulanan. Ngomong-ngomong, kok namanya masih Pekan Olahraga ya padahal pelaksanaanya bisa 2, 3 atau bahkan 4 pekan. Kenapa misalnya bukan BON aka Bulan Olahraga Nasional. hehehe..

Oia, sebagai bagian dari propinsi penyelenggara, Balikpapan tidak mau ketinggalan dong dalam memeriahkan PON. Maka di jalan-jalan protokol umbul-umbul dan spanduk dipasang menjelaskan eksistensi dukungan akan PON. Venue-venue dikebut bikinnya, yang sudah ada dipercantik biar memenuhi standar.
Dari 43 cabang olahraga yang dipertandingan, sekitar 12 diantaranya dilombakan di Balikpapan. Dan yang paling dekat dari tempat kerja adalah TARUNG DERAJAT di Gedung Banua Patra. Cuman 100-an meter.
Yang sempat melintas dipikiran, tujuan PON kan sejatinya untuk menasionalkan atlet 'asli' daerah. Realitanya banyak atlet justru berjuang bagi daerah yang membayarnya, bukan daerah asalnya. Mungkin terbalik, gini, realitanya banyak daerah propinsi yang menyewa atlit dari luar daerahnya untuk memperkuat tim PON propinsi. Motivasinya? entah. Demi gengsi daerah, demi medali atau demi kian...
Apa kata dunia kalo begini jadi budaya.

Tapi tak pedulilah. Yang penting nonton aja. Lagian sayang banget juga kalo dilewatkan. 4 tahun sekali, man. Sekalian penasaran mau tau, siapa atlet Kaltim yang bakal meraih 150 juta bonus medali emas itu. Jumlah yang menggiurkan. Duit semua itu.

Yang bukan atlit, ya jadi penggembira saja. Paling tidak gak ada salahnya kalo berburu baju kaos dan souvenirnya saja. Unik dan menarik. Hitung-hitung paket Limited Edition.

3 comments:

Anonymous said...

waah, liputan PON ya? selamat deh. ada temanku yg liputan di sana jg. fotografer dr radar bali. kali aja ketemu dia. titip salam aja. :D

Anonymous said...

wah,jadi wartawan OR ya...
btw..add donk link ku...he3x
dah kulink Kak

Anonymous said...

Mayarakat bersatu untuk suksesnya PON Kaltim tetapi sayangnya tidak didukung oleh keseriusan pemerintah dalam tanggungjawabnya akan event besar seperti ini...mau bukti,tanyakan aja pada kontingen-kontingen daerah akan fasilitas dan kenyaman dan layanan yang mereka rasakan...